Perdalam Ilmu Tajdwid (ed.2 lengkap)

بِِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَلعِلُمُ التجْوِيدُ

ILMU TAJWID


بَابُ تَفْخِيْمُ وَ تَرْقِيْقُ

BAB TAFKHIM & TARQIQ

١- تَفْخِيْمُ اْلاِسْتِعْلآءُ : ا- اَدْنَي دَرَجَةً ب- اَقْوَي دَرَجَةً
٢- تَفْخِيْمُ الرَّاءُ : ا- عِنْدَ الفَتْحَةُ اَوِ الضُّمَّةُ
ب- اِذَا “رْ” وَ قَبْلَهُ حُرُوْفُ بِحَرَكَةِ الفَتْحَةِِ اَوِ الضُّمَّةِ
ج- اِذَا كَانَ وَقَفُ وَ قَبْلَهُ حُرُوْفُ بِحَرَكَةِ الفَتْحَةِِ اَوِ الضُّمَّةِ
د- اِذَا كَانَ وَقَفُ وَ قَبْلَهُ حُرُوْفُ الآلِفُ اَوِ الوَاوُ
ه- اِذَا كَانَ وَقَفُ وَ قَبْلَهُ حُرُوْفُ سُكُوْنُ بِاِبْدَاءِ حُرُوْفُ بِحَرَكَةِ الفَتْحَةِِ اَوِ الضُّمَّةِ
٣- تَرْقِيْق الرَّاءُ : ا- عِنْدَ الكَسْرَةُ
ب- اِذَا “رْ” وَ قَبْلَهُ حُرُوْفُ بِحَرَكَةِ الكَسْرَةِ
ج- اِذَا كَانَ وَقَفُ وَ قَبْلَهُ حُرُوْفُ بِحَرَكَةِ الكَسْرَةِ
د- اِذَا كَانَ وَقَفُ وَ قَبْلَهُ حُرُوْفُ اليََاءُ
ه- اِذَا كَانَ وَقَفُ وَ قَبْلَهُ حُرُوْفُ سُكُوْنُ بِاِبْدَاءِ حُرُوْفُ بِحَرَكَةِ الكَسْرَةِ
٤- جَوَازُ الوَجْهَيْنِ : ا- اِذَا “رْ” وَ قَبْلَهُ حُرُوْفُ بِحَرَكَةِ الكَسْرَةِ وَ بَعْدَهُ حُرُوْفُ الاِسْتِعْلآءُ
ب- اِذَا كَانَ وَقَفُ وَ قَبْلَهُ حُرُوْفُ الاِسْتِعْلآءُ سَكِيْنَةُ
٥- تَفْخِيْمُ الآمُ : ا- اِذَا كَانََهُ المُُبْتَدَاءُ اَيْ اَوََّلُ الكَلِمَةِ
ب- اِذَا كَانَ قَبْلَهُ حُرُوْفُ بِحَرَكَةِ الفَتْحَةِِ اَوِ الضُّمَّةِ
٦- تَفْخِيْمُ الآمُ : اِذَا كَانَ قَبْلَهُ حُرُوْفُ بِحَرَكَةِ الكَسْرَةِ


1. Tafkhim isti’la :
artinya tebal isti’la maksudnya huruf isti’la yang dibaca tebal
a. adna darojat : artinya ringan derajat maksudnya huruf isti’la dibaca tafkhim dengan kadar yang ringan
– kaidah : bila ada huruf isti’la berharokat kasroh/sukun sebelumnya ada huruf berharokat kasroh
– contoh : سِخْرِيَّا – طِيْنُ
b. aqwa darojat : artinya kuat derajat maksudnya huruf isti’la dibaca tafkhim dengan kadar yang kuat
– kaidah : bila ada huruf isti’la berharokat fathah/dhomah atau sukun sebelumnya berharokat fathah/dhomah
– contoh : طَيِّبَةُ

2. tafkhim ro’ :
artinya tebal ro’ maksudnya huruf ro’ yang di baca tebal
– kaidah :
a. bila ada ro’ berharokat fathah/dhomah
– contoh : بِالرُّسُلِ – رَبَّنَا
b. bila ada ro’ sukun sebelumnya ada huruf berha rokat fathah/dhomah
– contoh : فُرْقًا – اَرْسَلَ
c. bila ada ro’ berada diakhir ayat/diwaqof kan sebelumnya huruf berharokat fathah /dhomah
– contoh : التَّكَاثُرُ ٠ – اْلكَوْثَرُ ٠
d. bila ada ro’ berada diakhir ayat/diwaqof kan sebelumnya huruf alif/waw
– contoh : اْلغَفَّارُ ٠ – شَكُوْرُ ٠
e. bila ada ro’ berada diakhir ayat/diwaqof kan sebelumnya huruf berharokat sukun dan didahului huruf ber-
harokat fathah/dhomah
– contoh : بِالصَّبْرِ ٠ – وَاْلفَجْرِ ٠

3. tarqiq ro’ :
artinya tipis ro’ maksudnya huruf ro’ yang dibaca tipis
– kaidah :
a. bila ada ro’ berharokat kasroh
– contoh : تَجْرِيْ – فِي اْلبَحْرِ
b. bila ada ro’ sukun sebelumnya huruf berharokat kasroh
– contoh : فِرْعَوْنُ – مِرْيَةُ
c. bila ada huruf ro’ diakhir ayat/diwaqofkan sebelumnya huruf berharokat kasroh
– contoh : المُدَّثِرُ ٠ – المَقَابِرُ ٠
d. bila ada ro’ berada diakhir ayat/diwaqof kan sebelumnya huruf ya
– contoh : لَخَبِيْرُ ٠ – بَصِيْرُ ٠
e. bila ada ro’ berada diakhir ayat/diwaqof kan sebelumnya huruf berharokat sukun dan didahului huruf berharokat kasroh

4. jawazul wajhain :
artinya boleh 2 wajah maksud nya huruf ro’ boleh dibaca tafkhim/tarqiq
– kaidah :
a. bila ada ro’ sukun sebelumnya huruf berharokat kasroh dan setelahnya huruf isti’la
– contoh : فِرْقَةُ
b. bila ada huruf ro’ sukun diakhir ayat/diwaqofkan sebelumnya huruf isti’la sukun didahului huruf berharokat kasroh
– contoh : القِطْرِ ٠ – المِصْرِ ٠

5. tafkhim lam (lam jalalah) :
artinya tebal lam maksudnya lafadz ALLAH yang dibaca tebal
– kaidah :
a. bila ada lafadz ALLAH jadi mubtada/awal kata
– contoh : اللَّهُ نُوْرُ السَّمَوَاتِ
b. bila ada lafadz ALLAH sebelumnya huruf berharokat fathah/dhomah
– contoh : رَسُوْلُ اللَّهِ – وَمَا اللَّهِ

6. tarqiq lam (lam jalalah)
:
artinya tipis lam maksudnya lafadz ALLAH yang dibaca tipis
– kaidah :
a. bila ada lafadz ALLAH sebelumnya huruf berharokat kasroh
– contoh : يَرْفَعِ اللَّهِ – بِاللَّهِ

بَابُ اْلوَقَفُ
اَقْسَمُ اْلوَقَفُ : ا – اَلاِخْتِبَارِي ب – اَلاِنْتِظَارِي ج – اَلاِضْتِرَارِي – ١
اَلاِخْتِيَارِي : اَلتَّامُ وَ اْلكَافِي وَ اْلحَسَنُ وَ اْلقَبِيْحُ – د
عَلاَمَتُ اْلوَقَفِ : ا – اَلوَقَفُ : ق , قف , قلي , ط , , م – ٢
اَلجَائِزُ : ج , س – ب
اَلوَصَلُ : ز , ص , صلي , لا – ج


BAB WAQAF

1. PEMBAGIAN WAQAF
a. ikhtibari :
artinya diuji maksudnya para qori’ boleh berhenti karna ditanya penguji
b. intidzori :
artinya menunggu maksudnya berhenti pada kalimat yang perlu untuk menghubungkan kalimat pada lain bacaan
c. idhthirari :
artinya terpaksa maksudnya berhenti ditengah ayat karna terpaksa baik kehabisan napas, batuk /lupa dalam hal ini para qori boleh berhenti pada kalimat manapun yang disukai dengan tak merusak arti
dan mulai baca dari kalimat dimana ia berhenti/sebelumnya
d. ikhtiyari :
artinya memilih maksudnya sengaja berhenti pada kalimat yang dipilih karna 1 maksud

– tam : artinya sempurna maksudnya berhenti pada kalimat yang sempurna susunannya dan tak berkaitan dengan kalimat setelahnya baik lafadz/arti
contoh : مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ ٠ ايَّاكَ
– kafi : artinya cukup maksudnya berhenti pada kalimat sempurna susunannya tapi masih berkaitan dengan
kalimat setelahnya secara arti
contoh : ربِّ اْلعَالَمِيْنَ ٠ اَلرَّحْمنِ
– hasan : artinya bagus maksudnya berhenti pada kalimat yang sempurna susunannya tapi masih berkaitan
dengan kalimat setelahnya secara arti dan lafadz
contoh : صِرَاطَ اْلمُسْتَقِيْمَ ٠ اَلصِّرَاطَ
– qobih : artinya jelek maksudnya berhenti kalimat tak sempurna susunannya dan berkaitan dengan kalimat
setelahnya secara arti dan lafadz hingga menimbulkan kesan/arti yang kurang bagus
Contoh : بِسْمِ ٠ اللَّهِ

2. TANDA WAQAF
a. waqof : artinya berhenti maksudnya harus/lebih baik berhenti
– ق : قِيْلَ وَقَفْ : sebagian ulama qori membolehkan berhenti
– قف : اَلْوَقْفُ اْلمُسْتَحَيُّ : anjuran untuk berhenti
– قلي : اَلْوَقْفُ اْلاُوْلَي : boleh sambung tapi berhenti lebih baik
– ط : اَلْوَقْفُ اْلمُطْلَقُ : harus berhenti tapi boleh sambung
– titik 3 : اَلْوَقْفُ اْلمُعَانَقَةُ : berhenti dengan memilih salah satu dari dua titik
– م : اَلْوَقْفُ اْلاَّزِمُ : harus berhenti dilarang sambung
b. jaiz : artinya boleh maksudnya boleh berhenti boleh sambung
– ج : اَلْوَقْفُ اْلجَائِزُ : boleh berhenti boleh sambung
– س : اَلْوَقْفُ اْلجِبْرِيْلُ : malaikat jibril berhenti saat menyampaikan wahyu dan tanda ini dikenal disebagian mushaf saja

c. wasol : artinya sambung maksudnya harus/lebih baik sambung
– ز : اَلْوَقْفُ اْلمُجَاوَزُ : harus sambung tapi boleh berhenti
– ص : اَلْوَقْفُ اْلمُرَخَصْ : anjuran untuk sambung
– صلي : اَلْوَقْفُ اْلاُوْلَي : boleh berhenti tapi sambung lebih baik
– لا : اَلْوَقْفُ اْلمَمْنُوْعُ : harus sambung dilarang berhenti


بَابُ اْلاِصْتِلاَحَاتِ فِي اْلقُرْآنِ
اِمَالَةُ ٤ – اِشْمَامُ ح – سَجْدَةُ – ١
نَقَلُ ٥ – نُوْنُ وِقَايَةُ ف – غَرِيْبُ – ٢
تَشْهِيْلُ ط – سَكْتَهُ ض – غَيْرُ مَدُّ – ٣


BAB ISTILAH DALAM AL-QURAN


1. Imalah
:
Artinya miring maksudnya membaca fathah miring ke kasroh/A menjadi E
– contoh : 11 : 41 بِسْمِ اللَّهِ مجْرهَا وَ مُرْسَهَا
2. Naqol : artinya memindahkan maksudnya memindahkan harokat A pada huruf mati sebelumnya
– contoh : بِئْسَ لِسْمُ بِئْسَاْلاِسْمُ
3. Tasyhil : artinya meringankan maksudnya membaca A secara ringan/tidak jelas
– kaidah : bila ada A istifham bertemu dengan A qotho’
– contoh : 41 : 44 ءَاَعْجَمِيُّ ءَاعْجَمِيُّ
4. Isymam : artinya manyun maksudnya membaca kata dalam ayat dengan manyun
– kaidah : menampakkan dhomah yang terbuang dengan bibir
– contoh : 12 : 11 لاَ تَأْ مَنُنَا لاَ تَأْ مَنَّا
5. Nun wiqoyah : artinya nun waspada maksudnya menambahkan nun agar tanwin tetap terjaga
– kaidah :
a. bila ada tanwin bertemu dengan lam ta’rif
– contoh : فِتْنَةَ نِ الَّتِي فِتْنَةً الَّتِي
b. bila ada tanwin bertemu dengan huruf sukun
– contoh : خَيْرٌ اهْبِطُوْا خَيْرُ نِ اهْبِطُوْا

6. Saktah :
Artinya mencegah dan menuntut maksudnya mencegah terjadinya kekacauan arti/salah pengertian dan menuntut untuk berhenti
– kaidah (hukumnya) :
a. Al-Kahfi : 1-2
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَنْزَلَ عَلَى عَبْدِهِ الْكِتَابَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَهُ عِوَجَا
قَيِّمًا لِيُنْذِرَ بَأْسًا شَدِيدًا مِنْ لَدُنْهُ وَيُبَشِّرَ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا حَسَنًا

Saat membaca tanpa saktah terkesan bertolak belakang ”ALLAH tak menjadikan Al-Qur’an itu sebuah penyelewengan س lurus …”
b. Yasin : 52
قَالُوا يَا وَيْلَنَا مَنْ بَعَثَنَا مِنْ مَرْقَدِنَا هَذَا مَا وَعَدَ الرَّحْمَنُ وَصَدَقَ الْمُرْسَلُونَ
Saat membaca tanpa saktah terkesan pembauran perkataan orang kafir tentang kiamat س jawaban ALLAH
c. Al-Qiyamah : 27
وَقِيلَ مَنْ رَاقٍ
Saat membaca tanpa saktah maka harus diidghomkan yang artinya “pembuat kuah”, padahal seharusnya
“siapa”
d. Al-Muthafifin : 14
كَلا بَلْ رَانَ عَلَى قُلُوبِهِمْ مَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Saat membaca tanpa saktah maka harus diidghomkan yang artinya “2 daratan” padahal seharusnya “bukan”

7. Sajdah :
artinya sujud maksudnya melakukan sujud saat membaca ayat Al-Qur’an
a. Dalil sujud tilawah
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ كَانََ النَّبِي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَاُ عَلَيْنَا سُوْرَةُ فِيْهَا سَجْدَةَ فَسَجِدُ وَ نَسْجُدُ حَتَّي مَا يَجِدُ اَحَدُنَا مَوْضِعَ جَبْهَتِهِ

”Dari ibnu umar ra katanya : pernah Nabi saw membaca 1 surat yang didalamnya ada sajdah maka ia sujud dan kamipun sujud hingga tiada diantara kami yang tidak meletakkan keningnya.
(HR abu daud, albaihaqi & alhakim dgn tambahan ”takbir lalu sujud)

عَنْ اَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِذَا قَرَاَ ابْنُ ءَادَمَ السَّجْدَةَ فَسَجَدَ اِعْتَزَلَ الشَّيْطَانُ يَبْكِيْ يَقُوْلُ يَوَيْلَهُ اُمِرَ ابْنُ ءَادَمَ بِالسُّجُوْدِ فَسَجَدَ فَلَهُ اْلجَنَّةُ وَ اُمِرْتُ بِالسُّجُوْدِ فَعَصَيْتُ فَلِيَ النَّارِ

”Dari abihurairah ra katanya : bersabda Rosul saw jika anak Adam membaca ayat sajdah lalu sujud maka
menyingkirlah syetan sambil menangis seraya berkata : celaka aku, anak Adam diperintahkan sujud lalu ia sujud maka syurga baginya dan aku diperintah sujud lalu aku menolaknya maka neraka bagiku”
(HR ahmad, muslim dan ibnu majah)

b. Hukum sujud tilawah

Adalah sunah sebab Nabi Saw dan para sahabat pernah tak melakukannya
عَنْ زَيْدِ ابْنِ ثَابِتِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَرَاْتُ عَلَي النَّبِي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَ النَّجْمِ فَلَمْ يَسْجُدْ فِيْهَا فَلَمْ يَسْجُدْ مِنَّا اَحَدٌ
”Dari zaid bin tsabit Ra katanya : aku membaca surat wan najmi dihadapan Nabi Saw (pada ayat sujud) tapi dia tidak sujud maka tiada seorangpun dari kami sujud”
(HR al-jama’ah kecuali ibnu majah)

c. Ayat ayat yang di sunahkan sujud
– 7 : 206 – 22 : 18 – 38 : 24 – 16 : 49-50 – 19 : 58
– 22 : 77 – 41 : 37 – 13 : 15 – 17 : 107 -109 – 32 : 15
– 53 : 62 – 84 : 21 – 25 : 60 – 27 : 25-26 – 96 : 19

d. bacaan saat sujud
– Orang yang sujud tilawah boleh berdo’a sekehendaknya
”Maha suci Rabb yang maha tinggi” سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلاَعْلَي
”Aku sujudkan wajahku وَسَجَدَ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ خَلَقَهُ وَ شَقَّ سَمْعُهُ وَ بَصَرَهُ بِحَوْلِهِ قُوَّتِهِ تَبَارَكَ اللَّهُ اَحْسَنَ اْلخَلِقِيْنَ
kepada Allah Dzat yang menciptakannya yang membuka pendengaran dan penglihatannya dengan daya dan kekuatannya, maha mulia ALLAH sebaik-baik pencipta”
(HR bukhari, muslim, an-nasa’i, abu daud dan alhakim, dishahihkan attirmidzi dan ibnu sikkin)

8. Gorib :
artinya asing maksudnya bacaan Al-Qur’an yang asing/tak lazim dibaca
a. جَوَازُ قِرَاءَةُ الصَّادُ اَوِ السِّيْنُ : boleh dibaca ص / س
– 2 : 245 – 52 : 37 – 7 : 69 – 88 : 22
b. جَوَازُ قِرَاءَةُ بِاِحْدَ حَرَكَتَيْنِ : boleh dibaca salah satu dari 2 harokat
– 30 : 15 > boleh dibaca salah satu harokatnya dengan syarat seragam dan umum

9. Goiru mad :
artinya selain huruf mad maksudnya bacaan mad yang tidak dipanjangkan

a. setiap lafadz اَنَا artinya saya karna jika dipanjangkan terkesan mutsanna
– contoh : 7 : 12 / 109 : 4
b. لَكِنَّا karna bacaan ”Na” mengandung arti اَنَا
– contoh : 18 : 38
c. ظَنُوْنَا karna bacaan ”Na” bukan berarti kami
contoh : 33 : 10
d. اَلرَّسُوْلاَ karna bacaan ”La” bila dipanjangkan akan berubah menjadi mutsanna
– contoh : 33 : 66
e. اَلسَّبِيْلاَ karna bacaan ”La” bila dipanjangkan akan berubah menjadi mutsanna
– contoh : 33 : 67
f. سَلاَسِلاَ karna bacaan ”La” bila dipanjangkan akan berubah menjadi mutsanna
– contoh : 76 : 4
g. قَوَارِيْرَا karna bacaan ”Ro” bila dipanjangkan akan berubah menjadi mutsanna
– contoh : 76 : 15-16
h. ثَمُوْدَا karna bacaan ”Da” bila dipanjangkan akan berubah menjadi mutsanna
– contoh : 11 : 68
i. نَدْعُوَا karna bacaan ”Wa” bila dipanjangkan akan berubah menjadi mutsanna
– contoh : 18 : 14
j. نَبْلَوَا karna bacaan ”Wa” bila dipanjangkan akan berubah menjadi mutsanna
– contoh : 17 : 31
k. لِتَتْلُوَا karna bacaan ”Wa” bila dipanjangkan akan berubah menjadi mutsanna
– contoh : 13 : 30
l. يَرْبُوَا karna bacaan ”Wa” bila dipanjangkan akan berubah menjadi mutsanna
– contoh : 30 : 39
m. اَفَاِيْنْ مَاتَ karna bacaan ”Wa” bila dipanjangkan akan berubah menjadi mutsanna
– contoh : 3 : 144

dalam proses…
Lihat seri atau BAB sebelumnya tentang…

Tinggalkan komentar